Sabtu, 17 Juni 2017

Perawatan Alat Semprot Punggung (Sprayer)

Alat semprot punggung (Sprayer), alat yang sering digunakan oleh petani kita untuk menyemprot pupuk atau pestisida dilapangan. Untuk menjaga keawetan Sprayer, diperlukan perawatan rutin. Di bawah ini adalah 7 hal penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan agar sprayer kita lebih awet.

Cara Merawat Alat Semprot Pertanian

1. Pakai dan gunakan sprayer sesuai dengan peruntukannya. Hindari pemakaian yang tidak perlu dengan sprayer, semisal mengaduk larutan campuran dengan stik sprayer, mencampur larutan didalam tangki sprayer dengan cara menggoyang tangki sprayer kuat.
2. Sering melihat / cek bagian yang sering rawan rusak, segel/packing yang sering aus, pengatur / kran yang sering kotor dan aus, spuyer yang sering digunakan sering membesar dengan sendirinya, katup macet karena kurang pelumas.
3. Sebelum digunakan akan lebih baik cek kebocoran kebocoran dan lakukan segera perbaikan bila itu hanya perbaikan ringan, jangan menunggu benar benar rusak.
4. Segera ganti spare part yang rusak dengan yang baru di toko pertanian terdekat agar kerusakan tidak merembet.
5. Gunakan air yang bersih untuk bahan pelarutnya, saat melakukan penyemprotan.
6. Sebelum disimpan cuci berulang kali,cuci pertama, masukkan air bersih dan kocok kocok seperlunya dan buang airnya. Cuci kedua, masukkan air bersih dan buang lewat spuyer, dan buang sisa air dalam tangki.cuci ketiga, masukkan air bersih dan setengah tutup AERO 810, kocok sebentar dan buang lewat spuyer dan buang sisa air dalam tangki .keringkan, dan lumasi bagian yang bergerak seperti piston dengan minyak kelapa.Simpan dengan kondisi miring atau terbalik.
7. Ingat ingat, tangki yang tidak dirawat tentu saja akan lebih cepat mengalami kerusakan.
Manfaat AERO 810, selain sebagai bahan perekat, perata dan pembasah ternyata membantu petani merawat tangki. Kondisi tangki tetap terjaga dengan baik, proses penyemprotan lancar dan hasil memuaskan.
Nah, itulah beberapa hal penting dalam cara merawat alat semprot pertanian agar lebih awet dan kegiatan penyemprotan lebih lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar